Dalam rangka mencerdaskan masyarakat Kabupaten Ngawi melalui teknologi informasi dan komunikasi, Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan berbagi dengan Pemerintah Kabupaten Ngawi untuk menyiapkan perangkat untuk pusat telematika. Adapun pusat TIK tersebut bernama : TELECENTER KERTONEGORO NGAWI. Lokasi berada di Kantor Terminal Kertonegoro Ngawi Lantai 2 di Jalan Suryo No 37 Ngawi dengan nomor telepon (0351) 746612. Tepat di Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi.
Pengelola telecenter kertonegoro yang rekrutmentnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ditetapkan, seleksi dilakukan Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngawi, kemudian telah menetapkan dan mengusulkan calon pengelola telecenter kertonegoro Kabupaten Ngawi ke Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa timur.
Pembina dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Pengarah dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, sedangkan Pengelola telecenter kertonegoro sesuai dengan surat keputusan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, yang ditetapkan mulai bulan April tahun 2010.
Pengarah :
Ketua : Drs. Prajitno, M.Si (Kepala Dinas Hubkominfo Kab. Ngawi)
Wakil Ketua : Ir. Soehandoko, MM (Kepala Bidang Kominfo)
Anggota : Drs. Fahrudin (Kasi Informatika), Teguh Puryadi (kasi Komunikasi), Triono, ST (Kades Grudo)
Pengelola :
Manajer : Mukti Puji Widodo, ST
Sekretaris : Desyi Hanifah Agustina, S.Sn
Kepala Bagian Pengembangan dan Pelayanan : Dra Ani Hartati.
Kepala Bagian Teknologi Informatika : Endrayani Setyaningrum
Penjaga : Setu
Mulai 11 Mei 2010 mulai jam 18.00 tim teknis dari Provinsi Jawa timur melakukan tugas untuk membuat intalasi dan setting perangkat telematika, dan Alhamdulillah pada pukul 07.00 tepat sudah bisa digunakan, Telecenter Kertonegoro Kabupaten Ngawi, bertepatan dengan even pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Ngawi. Lebih sangat disyukuri lagi ternyata untuk telecenter kertonegoro setelah diresmikan segera dipergunakan oleh masyarakat luas maupun komunitas yang peduli dan ingin berkembang melalui teknologi informasi dan komunikasi.
Telecenter kertonegoro kabupaten Ngawi yang dilengkapi dengan perangkat TIK PC komplit sebanyak 8 unit termasuk server lokal yang berada pada ruang telematika dengan ruangan yang representatif dan ber AC dengan kapasitas 20 orang. Guna pengembangan komunitas khususnya di bidang TIK disiapkan ruang pertemuan dengan kapasitas 20 sampai 30 orang
Dengan telecenter kertonegoro yang berada di lokasi terminal bus kertonegoro, bisa menjadi magnet bagi masyarakat yang ingin mengembangkan ilmu pengetahuan melalui media teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu bagi komunitas pegiat teknologi informasi dan komunikasi bisa mengembangkan diri dan mempromosikan dirinya melalui media on line maupun bertranksaksi secara elektronik. Sudah barang tentu hal ini akan membawa dampak yang sangat positif namun tidak menutup kemungkinan ada dampak mnegatif, semuanya itu berawal dari pribadi pegiat TIK.
Komunitas Blogger, Kelompok Informasi masyarakat (KIM), dan kumonitas lainnya yang ada di Kota ngawi, bisa menggunakan telecenter kertonegoro dalam mengoptimalkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Secara tidak langsung juga mempromosi produk produk unggulan karya komunitas agar dikenal oleh masyarakat luas lewat media elektornika ini. Selain itu bisa memberikan saran saran kepada yang berwenang demi untuk pengembangan dan penyempurnaan telecenter kertonegoro kabupaten Ngawi.
Komunitas guru dan dosen, pelajar dan mahasiswa di Kota Ngawi bisa menggunakan telecenter secara maksimal, untuk mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya guna mencari referensi dalam meningkatkan pengetahuan sesuai dengan kompetensinya. Secara langsung maupun tidak langsung menjadi tempat untuk mencari ilmu dan mengembangkan ilmu yang murah dan cepat.
Bagi Pengelola telecenter, menjadi tantangan tersendiri khususnya dalam mengembangkan dan melakukan pelayanan kepada masyarakat pengguna telecenter. Karena lokasi yang agak jauh dari jangkuan penduduk di kampung atu desa Grudo, maka perlu adanya sosialisasi dan pendekatan personal kepada semua pihak termasuk stakeholder, sehingga telecenter kertonegoro betul betul menjadi tempat dalam pengembangang ilmu pengetahuan TIK yang nyaman dan aman.
Bagi Pemerintah Kabupaten Ngawi, melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika dan satuan kerja terkait, selalu mengadakan pembinaan dan pemantauan kepada pengelola telecenter, hal itu agar program kegiatan dan sasaran sesuai yang diharapkan oleh semua pihak. Mensuport dana pendukung untuk memaksimalkan operasional. Tidak kalah pentingnya juga mensosialisasikan semua Perundangan dan Peraturan yang berlaku. Juga melindungi Konsumen dari hasil produk TIK yang sekarang marak di pasaran. (alat ada 46 produk), segala persyaratan diatur dalam Undang Undang Perlindungan Konsumen. (Klik disini)
Bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, melalui dinas Komunikasi dan Informatika, juga perlu adanya pembinaan dan suport dana dalam penyempurnaan perangkat telecenter yang kemungkinan perlu ditambah sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini yang selalu berubah setiap saat.
Kami termasuk dari komunitas Blogger Kota Ngawi, mengucapkan terima kasih dengan Pemerintah Provinsi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa timur, dan Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngawi. Kehadiran telecenter kertonegoro di Ngawi bisa membawa manfaat yang sebesar besarnya untuk masyarakat luas. Secara khusus sebagai pilar pengembangan dan pelayanan bidang telematika, secara khusus benar benar mencerdaskan masyarakat Kota Ngawi, terutama di bidang teknologi informasi dan komunitas.
sumber : www.ariafast.com
Profil TELECENTER KERTONEGORO
Label:
telecenter
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar