Tentang Telecenter About Telecenter

"Pendirian telecenter di daerah pedesaan merupakan program pengembangan komunitas lokal dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, untuk itu sebagaimana maksud dan tujuan dibangunnya telecenter, saya harapkan telecenter mampu :

1. Memberdayakan masyarakat dengan kemudahan akses terhadap informasi dasar seperti informasi pasar, pertanian, perdagangan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain;

2. Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal mengakses informasi penggunaan komputer, manajemen telecenter dan lain-lain melalui pelatihan-pelatihan;

3. Mendorong masyarakat untuk meningkatkan perekonomian setempat dengan kegiatan pembangunan komunitas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi;

4. Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk membangun komunitas lokal."

Segala Macam Hal ?

Kalau anda bangun pagi, bagaimana anda tahu itu jam berapa? Dari jam tangan, bukan? Lalu jam tangan tahu dari mana? Kita men-set jam tangan dari sumber informasi yang lain, misalnya radio atau televisi, berarti kita sudah menggunakan teknologi informasi. Kalau anda ingin tahu mengenai prakiraan cuaca atau berita hari ini, anda cari di mana? Kemungkinan besar dari televisi atau radio.

Kalau anda tinggal di kota dan anda mencari informasi dari perusahaan, atau ingin kontak teman yang tinggal jauh, bagaimana caranya? Menggunakan telepon, dimana telepon adalah produk teknologi informasi. Tetapi, kalau anda tinggal di desa yang belum punya telepon, bagaimana caranya?

Networking (jaringan manusia), dan berkerja bersama teman-teman atau lingkungan yang lebih luas adalah salah satu solusi untuk mengatasi kebutuhan atau masalah kita.
Misalnya;
Kalau ibu rumah tangga punya konsep untuk membangun home-industri yang dapat meningkatkan kesejahteraan untuk banyak orang di lingkungannya, tetapi tidak punya modal. Bagaimana ibu ini dapat mencapai cita-citanya?
Kalau petani ingin mencari langganan baru atau harga yang lebih baik untuk produknya, bagaimana caranya?
Networking adalah salah satu solusi, dan makin luas networknya, makin baik kesempatannya!

Bagaimana kalau kita dapat networking dengan seluruh masyarakat atau bahkan seluruh dunia?

Kelebihan telepon dibandingkan dengan *televisi atau *radio, telepon merupakan teknology informasi yang sangat menguntungkan karena komunikasinya dua arah, dan kita dapat menerima, menyampaikan dan bertukar informasi.
* Stasion TV dan Radio di Indonesia juga sudah meningkatkan aktifitas dua arah dengan masyarakat (Khusus Metro TV), tetapi kita tidak dapat memastikan bahwa kita akan dapat giliran.

Apakah ada network (jaringan) yang kita (siapa saja) dapat berpartisipasi dan berkontribusi, tanpa birokrasi, dengan biaya yang relatif murah?

Salah satu soulusi yang sangat praktis adalah "Wide-Area Network" (WAN) dan "Internet adalah WAN yang paling besar di dunia".

Kami di Pendidikan Network sangat mendukung inisiatif BAPPENAS-UNDP ini karena kami ingin, selain membantu mengatasi kemiskinan, semua anak-anak di Indonesia belajar mengenai komputer, dapat mengakses Internet, dan berpartisipasi di dalam pengembangan pendidikan dan negara kita.

Salah satu faktor yang akan membatasi partisipasi anak-anak kita adalah kemampuan bahasa Inggris, dan kami mohon guru-guru di seluruh Indonesia untuk membantu membukakan pintu ke dunia (internasional) untuk anak-anak kita.

Tujuan Khusus
1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat miskin (petani dan nelayan) terutama
dalam hal pengelolaan usaha dan pemasaran hasil usaha di bidang pertanian;
2. Meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat miskin melalui
penyuluhan dengan pemanfaatan ICT;
3. Meningkatkan produksi bidang pertanian dengan adanya pemasaran yang lebih
terbuka dan luas melalui informasi pemasaran yang ada di internet;
4. Meningkatkan kualitas SDM di tingkat desa melalui pelatihan-pelatihan
terutama di bidang teknologi informasi dan bahasa Inggris untuk
mempersiapkan diri memasuki pasar kerja.

layanan umum

1. Penggunaan internet : email,
browsing/surfing (menjelajah
situs), chatting room (ngobrol
dengan netter), mailing list
(ruang diskusi)
2. Penggunaan komputer
(pengetikan)
3. Scanning (menduplikat
gambar ke dalam bentuk
digital)
4. Printing (mencetak
dokumen/gambar)
5. Searching (pencarian
berita/data), dan launching
(penayangan informasi/web)
6. Koran kampung atau majalah
dinding
7. Membuat pas foto digital
(misalnya untuk KTP/SIM)
2007, hal. 45.
menu utama telecenter.

layanan bisnis
1. Pengembangan usaha dan
inkubator usaha
2. Layanan administrasi /
transaksi usaha
3. Pengelolaan keuangan usaha
4. Menyelenggarakan pertemuan
(meeting), membuat agenda,
jadwal, laporan, notulensi, dsb

kemitraan
1. Pelatihan komputer dan
internet untuk :
 Guru (bekerjasama
dengan perguruan tinggi,
dsb)
 Petugas Penyuluh
Lapangan (PPL)
bekerjasama dengan
Dinas Pertanian
2. Palatihan Bahasa Inggris,
bekerjasama dengan lembaga
kursus setempat
3. Layanan pemerintahan desa
untuk pembuatan KTP,
perpajakan, form, dsb.
4. Kerjasama dengan
perkumpulan (karang taruna,
klub olah raga, kelompok
arisan, kelompok simpan
pinjam, dunia usaha, dsb.
5. Dukungan infomobilisasi untuk
program pembangunan desa
6. Promosi acara atau obyek
wisata lokal





"Pembangunan telecenter harus dapat mengidentifikasi potensi, kondisi, dan kebutuhan masyarakat sehingga dapat memberikan layanan yang optimal sesuai dengan kebutuhan spesifik pengguna"

Teknologinya bukan masalah, masalahnya adalah SDM di telecenter-telecenter yang pandai dan berdedikasi untuk membantu rakyatnya. Banyak orang di Indonesia sudah pandai mengimplementasikan teknologi, tetapi teknologi tanpa SDM yang 'Terlatih Khusus' dan Sangat Bermutu dan 'Mampu Mengurus Kebutuhan-Kebutuhan Rakyat di Pedesaan' bagaimana? Kita dapat berhasil?


 Manajer, harus memiliki kemampuan “bisnis” dalam mengelola layanan
telecenter, serta mampu merencanakan strategi keuangan secara baik agar
telecenter dapat membiayai sendiri biaya operasionalnya, mendanai
kegiatan infomobilisasi, dan memberi insentif yang baik untuk staf
pengelolanya. Sedangkan tugas dan wewenangnya antara lain :
1. Menyusun draft rancangan program bersama anggota BPH lainnya
dengan melibatkan komunitas, untuk diajukan kepada Dewan
Pengarah;
2. Penanggung jawab secara umum penyelenggaraan kegiatan dan
layanan telecenter;
3. Mengkoordinasikan seluruh kerja Badan Pengelola Harian
telecenter;
4. Sebagai anggota Dewan Pengarah, perwakilan Badan Pengelola
Harian telecenter.
 Staf pengembangan media/IT admin, tugas utamanya adalah bekerjasama
dengan fasilitator infomobilisasi untuk menyediakan program infomobilisasi
yang menarik dan dibutuhkan masyarakat. Sedangkan tugas dan
wewenangnya antara lain :
1. Lebih berperan dalam hal pengembangan media yang diperlukan
dalam rangka program telecenter maupun kelompok-kelompok
dampingan sesuai dengan kebutuhan komunitas;
2. Harus bisa mengoperasikan dan merawat TIK yang tersedia di
telecenter, menjalin hubungan dengan mitra yang dibutuhkan
apabila terdapat persoalan teknis, juga bisa melatih masyarakat
agar bisa menggunakan fasilitas telecenter (menggunakan internet
dan lainnya);
3. Bersama-sama manajer telecenter mengembangkan strategi
komunikasi dan penggalangan dana (fund raising) telecenter.
 Staf pengembangan komunitas/Fasilitator Infomobilisasi (FI), tugas dan
wenangnya antara lain :
1. Lebih banyak bekerja dalam kegiatan pendampingan kelompok;
2. Bersama-sama manajer telecenter mengembangkan strategi
komunikasi dan penggalangan dana (fund raising) telecenter
3. KEBERLANJUTAN TELECENTER
Konsep kemandirian dan keswadayaan telecenter menjadi penting dalam rangka
kelangsungan dan keberlanjutannya. Ini tergantung pada upaya yang dilakukan oleh
pengelola dan dukungan dari berbagai kalangan di desa itu sendiri. Berbagai prasyarat
yang akan membuat telecenter bisa tetap hidup adalah sebagai berikut :
1. BERGUNA. Infomobilisasi yang berhasil akan membangun kebutuhan
masyarakat akan informasi dan layanan telecenter terutama bila masyarakat
merasakan manfaat dari penggunaan fasilitas telecenter.
2. MENDUKUNG KEGIATAN EKONOMI. Program infomobilisasi dan layanan
telecenter sebaiknya juga mendukung kegiatan usaha masyarakat sehingga
terasa manfaat praktisnya.
3. LAYANAN PROFESIONAL. Layanan yang profesional akan memungkinkan
penggalangan dana yang mendukung keberlanjutan telecenter (keswadanaan).
Layanan profesional tentunya terkait dengan peningkatan kapasitas tim
pengelola telecenter itu sendiri.
4. SUMBER PENDAPATAN BERAGAM. Telecenter perlu membuat berbagai jenis
kegiatan penggalangan dana berdasarkan kajian apakah permintaan terhadap
suatu layanan cukup banyak atau tidak.
5. PARTISIPASI MASYARAKAT. Keikutsertaan penuh masyarakat dalam
pengembangan program infomobilisasi dan telecenter akan menjadikan
lembaga ini sebagai kepentingan bersama. Seperti Posyandu dan kegiatan
berbasis masyarakat lainnya, telecenter akan tetap hidup apabila menjadi milik
masyarakat.
6. PENGUATAN ORGANISASI TELECENTER. Selaku sebuah organisasi, telecenter
perlu diperkuat struktur, mekanisme dan perangkat organisasinya. Sebagai tim
yang bekerja melakukan peningkatan kapasitas masyarakat, tentunya tim
telecenter sendiri harus juga memiliki kapasitas yang baik. Pengelolaan dan
layanan yang profesional hanya dapat dilakukan apabila tim telecenter dapat
mengembangkan program layanan komunikasi-informasi yang selalu diperbarui
(up-to date). Selain itu, tim telecenter juga harus bisa mengikuti perkembangan
TIK yang diperlukan oleh masyarakat. Artinya, peningkatan kapasitas dan
kesempatan belajar merupakan agenda yang penting untuk disediakan secara
sengaja bagi tim telecenter. Hal ini juga akan menjadi insentif bagi tim
telecenter karena mereka memperoleh kesempatan untuk berkembang dan
maju.
7. PENGUATAN KEPEMIMPINAN. Selain itu, seperti organisasi lainnya, telecenter
perlu memiliki kepemimpinan yang kuat, memiliki visi dan strategi tentang
pengembangan dan keberlangsungan telecenter. Kaderisasi dan regenerasi
kepemimpinan juga perlu dipersiapkan.
8. KEMITRAAN (PARTNERSHIP). Merupakan yang paling penting untuk
keberlanjutan telecenter apabila kondisi desa yang menjadi lokasi telecenter
belum mendukung pengembangan swadana secara mencukupi. Telecenter
Improving Rural Connectivity
for Sustainable Livehoods Project Bab 3
(Aspek Sosial – Ekonomi) SEKILAS TENTANG MCT / TELECENTER
membutuhkan komitmen pemerintahan desa dan pemerintah daerah agar tetap
bisa berlangsung karena membutuhkan suatu upaya formal maupun informal
dalam menyediakan subsidi bagi operasionalnya (biaya telepon, listrik, internet)
sampai mampu swadana sepenuhnya. Keberpihakan terhadap masyarakat dan
kelompok miskin tentunya penting untuk tetap diperhatikan. Hal ini menjadikan
isu kemitraan merupakan hal paling penting untuk keberlanjutan telecenter
apabila kondisi desa yang menjadi lokasi telecenter belum mendukung upaya
pengembangan swadana melalui penjualan jasa. Setiap inisiator pendirian
telecenter, sejak awal perlu memulai kerjasama dengan pemda dan berbagai
dinas/instansi program yang bisa memungkinkan menjadi sumber pembiayaan
program infomobilisasi dan operasional telecenter.

About Telecenter

"The establishment of telecenters in rural areas is a local community development programs by using information and communication technology, for that as the intent and purpose of the telecenter, I hope that telecenters are able to:

1. To empower them with the ease of access to basic information such as market information, agriculture, commerce, education, health and others;

2. Improving the ability of the community in terms of accessing information on computer use, management and other telecenters through training;

3. Encouraging the community to improve the local economy with community development activities through the use of information technology and communications;

4. Develop cooperation with relevant parties to build the local community. "

All kinds of things?

If you wake up in the morning, how do you know what time? From watches, is not it? Then watch out where? We set the hour hand from other sources of information, such as radio or television, we're already using information technology. If you want to know about weather forecasts or news today, where you are looking for? Most likely from the television or radio.

If you live in the city and you search for information from the company, or want to contact friends who live far away, how? Using the telephone, where the phone is the information technology products. But, if you live in the village who have not had a phone, how?

Networking (human tissues), and working with friends or the wider environment is one solution to address the needs or our problem.
For example;
If the housewives have a concept for home-building industry that can improve welfare for many people in the neighborhood, but had no capital. How mothers can achieve his goal?
If farmers want to find a new subscription or a better price for their products, how?
Networking is one solution, and the more extensive the network, the better his chances!

What if we can be networking with the entire community or even the whole world?

Advantages compared with the * phone * television or radio, the telephone is the most profitable information technology for two-way communication, and we can accept, convey and exchange information.
* TV and Radio Stations in Indonesia have also been increased activity in both directions with the community (Special Metro TV), but we can not confirm that we will be able to turn.

Is there a network (network) that we (anyone) can participate and contribute, without bureaucracy, with a relatively low cost?

One very practical soulusi is "Wide-Area Network" (WAN) and "The Internet is the biggest WAN in the world."

We in the Education Network strongly supports the BAPPENAS-UNDP initiative is because we want, besides helping to overcome poverty, all children in Indonesia to learn about computers, can access the Internet, and participate in the development of education and our country.

One factor that will limit the participation of our children are English language ability, and we ask teachers across Indonesia to help open the doors to the world (international) for our children.

Special Purpose
1. Increased knowledge of poor people (farmers and fishermen), particularly
in terms of business management and marketing business in the field of agriculture;
2. Increasing incomes and welfare of the poor through
extension with the use of ICT;
3. Increasing agricultural production with marketing more
open and wide through the existing marketing information on the Internet;
4. Improving the quality of human resources at village level through training
especially in the field of information technology and English for
prepare themselves to enter the job market.

public service

1. Use of the Internet: email, browsing / surfing (surfsite), chat room (chat with netter), the mailing list(Discussion room)
2. The use of computer (Typing)
3. Scanning (copy image into the form digital)
4. Printing (print documents / images)
5. Searching (search news / data), and launching (Delivery of information / web)
6. Village newspaper or magazine wall
7. Making digital photos Eg
(for KTP / SIM.

telecenter main menu.
business services
1. Business development and business incubators
2. Administrative Services / business transactions
3. Business financial management
4. Holding meetings(Meeting), make agendas, schedules, reports, minutes of meetings, etc.

partnerships
1. Computer training and
Internet to:
 Teachers (in collaboration with universities, etc.)
 Extension Officer Field (PPL)in cooperation with Agriculture Department
2. Course English, cooperation with institutions Local Course
3. Village government services for making ID cards, taxation, forms, etc..
4. Cooperation with associations (youth clubs, sports clubs, groups gathering, group savings borrow, business, etc..
5. Infomobilisasi support for rural development program
6. Promotional event or object Local tourism


"Development must be able to identify potential telecenter, conditions, and community needs in order to deliver optimal service in accordance with the specific needs of users"

Technology is not the problem, the problem is human resources in telecenter-telecenter is a smart and dedicated to helping people. Many people in Indonesia have been good at implementing the technology, but technology without the human resources 'Special Trained' and Very High Quality and 'Ability to Deal with People's Needs in Rural Areas' how? We can succeed?


 Managers must have the ability to "business" of managing service
telecenters, and able to plan a better financial strategy to
telecenter can finance their own operating expenses, fund
infomobilisasi activities, and provide better incentives for staff
management. While the tasks and duties, among others:
1. Draft program design with other members of the BPH by involving the community, to be submitted to the Board Steering;
2. Responsible for general administration activities and telecenter services;
3. Management Agency to coordinate all daily work telecenters;
4. As a member of the Steering Board, representatives of Management Board Daily telecenter.
 Staff development of media / IT admin, its main task is to cooperate with a facilitator to provide programs infomobilisasi infomobilisasi interesting and important. While the duties and authority, among others:

1. Bigger role in terms of media development required in order telecenter programs or groups assistance in accordance with community needs;
2. Should be able to operate and maintain ICT is available at telecenters, relationships with partners needed if there are technical problems, could also train the community to be able to use the telecenter facility (using the internet
and others);
3. Together telecenter managers develop strategies communications and fund raising (fund raising) telecenter.
 Staff of community development / Facilitator Infomobilisasi (FI), duties and
wenangnya among others:
1. More likely to work in group facilitation activities;
2. Together telecenter managers develop strategies
communications and fund raising (fund raising) telecenter Improving Rural Connectivity Project for Sustainable Livehoods Chapter 3
(Social Aspects - Economic)
3. Sustainable telecenters
The concept of independence and self-reliance is important in the context of telecenters
continuity and sustainability. This depends on the efforts made by
managers and support from various circles in the village itself. Various preconditions
which will make the telecenter can stay alive is as follows :
1. Useful. Infomobilisasi who managed to build demand
community information and services, especially when the community telecenters
feel the benefits from the use of telecenter facilities.
2. SUPPORT ECONOMIC ACTIVITY. Infomobilisasi programs and services
telecenter should also support the business activities of the community so seem practical benefits.
3. PROFESSIONAL SERVICES. Professional services that will enable
fundraising to support the sustainability of telecenters (keswadanaan). Course of professional services associated with an increased capacity of the team
telecenter manager itself.
4. MULTIPLE SOURCES OF REVENUE. Telecenters need to make various types of fundraising activities based on analysis of whether the demand for
a service or not enough.
5. COMMUNITY PARTICIPATION. Full participation in society infomobilisasi and telecenter development program will make this institution as their common interests. As IHC and activities Other community-based, telecenters will remain alive if the belonging community.
6. ORGANIZATION REINFORCEMENT telecenter. As an organization, telecenter
need to be strengthened structure, mechanism and organizational devices. As a team
working to increase the capacity of communities, of course team
telecenter itself must also have good capacity. Management and
professional services that can only be done if the team can telecenter
develop a program of information-communication services that are always updated
(Up-to date). In addition, the team must also be able to follow the telecenter development
ICT that are needed by society. That is, increased capacity and learning opportunities is an important agenda to be provided intentionally for telecenter team. This will also be an incentive for the team telecenter because they get a chance to develop and forward.
7. REINFORCEMENT OF LEADERSHIP. In addition, like other organizations, telecenters
need to have strong leadership, vision and strategy regarding development and sustainability of the telecenter. Regeneration and regeneration leadership also needs to be prepared.
8. PARTNERSHIP (Partnership). Is the most important for
telecenter sustainability if the condition of the village which became the location of telecenters not be sufficient to support the development of self financing. Telecenter Improving Rural Connectivity
Project for Sustainable Livehoods Chapter 3
(Social Aspects - Economic) ABOUT MCT / Telecenter
requires the commitment of the village administration and local government to be fixed
can take place because it requires an effort of formal and informal
in providing subsidies for its operations (the cost of telephone, electricity, internet)
to be able to fully self financing. Identification with the community and
poor certainly important to keep attention. It makes
issue is the most important partnerships for the sustainability of telecenters
if the condition of the village which became the location of telecenters do not support efforts
development of self financing through the sale of services. Each initiator of establishment
telecenter, from the beginning to start the cooperation with local governments and various
offices program that could allow a source of financing
infomobilisasi programs and operational telecenters.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar