kader Telecenter adalah orang orang yang berasal dari masyarakat setempat yang dengan sukarela bersedia ikut serta dalam pelaksanaan berbagai kegiatan yang menuju ke peningkatan informasi masyarakat dan mampu bekerja secara sukarela dan merasa terpanggil dengan kesediaan dan kesadaran untuk ikut bertanggung jawab dalam usaha usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dilingkungannya.
meskipun tanpa mendapat uang tetapi mereka mendapat berbagai macam pengakuan& penghargaan dalam bentuk:
- Peningkatan pengetahuan dan kemampuan di bidang teknologi informasi.
- mendapat pelayan teknologi informasi gratis.
- mendapat sertifikat / piagam penghargaan
- status mereka di mata masyarakat meningkat.
dll
peran& fungsi kader telecenter :
1. mengumpulkan keterangan keterangan tentang masalah ketinggalan informasi yang ada di lingkungan setempat dan mencari penyebabnya.
2. membantu telecenter dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan untuk menanggulangan maupun mencegah masalah ketinggalan informasi tersebut.
3. menyadarkan dan menggerakkan masyarakat supaya aktif ikut serta dalam kegitan menggali informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.
4. membawakan suara masyarakat di dalam pertemuan dengan para pengelola telecenter.
5. menghubungkan masyarakat dengan sumber yang dapat membatu menanggulangi masalah.
6. berdiskusi dengan kader lain,pengelola telencenter & pembina telecenter agar lebih maksimal dalam melayani masyarakat.
tugas pokok kader
1. mengadakan pendekatan sosial
pendekatan sosial adalah suatu upaya mengajak tokoh tokoh masyarakat di lingkungan RT/RW untuk mengenal masalah "pentingnya informasi" dan masalah lainnya di wilayahnya. pendekatan sosial ini dilakukan dengan mengadakan pertemuan yang telah di rencanakan dan di siapkan acaranya.
2. melakukan survei mawas diri
adalah kegiatan pengumpulan data dan keterangan mengenai masalah kesehatan dan masalah lainnya di lingkungan RT/RW setempat, dilaksanakan oleh sebuah tim ( kelompok kerja ) yang terpilih, di laksanakan melalui wawancara dan pertemuan warga masyarakat yang telah di tentukan. tujuannya untuk mengetahui masalah sumber daya yang dimiliki oleh masyarakat di lingkunga RT/RW setempat, serta menetapkan langkah langkah mengatasinya.
3. mengadakan musyawarah
Kader Telecenter
Label:
telecenter
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar